Kamis

Proteksi dengan permission di windows xp


Sudah lama pengen buat artikel  ini, bukannya nggak sempat tapi malas nulis. Kali ini saya akan membahas bagaimana ngutak-atik permission di windows xp yang menggunakan filesystem NTFS. Kalau anda menggunakan linux, cukup dengan perintah berbasis text CHMOD bisa mengubah ijin (permission) suatu file atau direktori. Beda dengan windows yang lebih mudah menggunakan GUI untuk mengubah permission.
Yang selama ini kita kenal, untuk menyembunyikan file atau direktori di windows xp bisa menggunakan properti hidden tapi cukup mudah ditampilkan kembali mengingat sekarang semua orang sudah tahu hal itu dan ada beberapa program yang bisa digunakan untuk menampilkan kembali file atau direktori yang tersembunyi (hidden).
Sebelum mengutak-atik permission file atau folder, perlu saya ingatkan kalau semua resiko bukan tanggungan saya kalau file anda benar-benar terproteksi atau sebaliknya.
Langkah-langkah yang saya terangkan dibawah ini cukup mudah diikuti dan diingat. Kalau ada kesalahan bisa diulang lagi dari awal. Jadi jangan panik kalau file atau folder anda tiba-tiba tidak bisa dibuka. Selain mental yang kuat anda juga perlu menyiapkan segelas teh hangat untuk menemani anda menjalankan langkah-langkah ini.
  1. Buka windows explorer kemudian klik “Tools” dan akhirnya klik “Folder Option”.
    xp-p-1
  2. Pilih tab “View”, kemudian pada “Advanced settings:” hilangkan centang pada checkbox “Use simple file sharing (Recommended)”
    xp-p-2
  3. Tekan “Apply” kemudian “OK”.
  4. Selanjutnya silakan minum teh hangat dulu (c)
  5. Saya mempunyai direktori dengan nama “rahasia” yang akan saya protek.
    xp-p-3
  6. Kemudian saya klik kanan direktori “rahasia” tersebut pilih “Properties” di bagian paling bawah.
  7. Setelah masuk di jendela “Properties” pilih tab “Security” seperti tampilan di bawah ini.
    xp-p-4
    Dengan memberi centang semua checkbox di bawah tulisan “Deny”. Klik “Apply” kemudian “OK”, maka direktori saya sudah tidak dapat diakses siapapun.
    Kalau ada orang mencoba membuka direktori tersebut, maka akan muncul peringatan seperti ini.
    xp-p-5
  8. Lalu bagaimana mengembalikan direktori tersebut agar kembali seperti semula??? Saya cukup mengulangi langkah nomer 6 dan 7 dengan menghilangkan centang yang tadi saya berikan dibawah tulisan “Deny”.
  9. Dan akhirnya selesai sudah saya ngocéh disini, semoga anda tidak bosan denganocéhan saya.
Silakan menghabiskan teh hangat anda kalau masih tersisa (drinking) , karena menyisakan minuman itu tidak baik.
Perlu diketahui, semua resiko adalah tanggung jawab anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar